Nabi Muhammad saw, manusia biasa Penerang Jalan Kebaikan & Penunjuk Hakekat Kebenaran yang mendatangkan Keberuntungan-Nya

By Dana Anwari. Awal memahami Nabi Muhammad saw sebagai sosok teladan yang mengajarkan kebaikan dan penunjuk hakekat kebenaran adalah dari warisannya, yakni Kitab Suci Al Quran yang memuat wahyu Allah kepada beliau dan Kitab Al Hadis yang memuat ajaran Islam melalui lisan dan perbuatan beliau.

Nabi Muhammad saw bersabda: “Perumpamaan aku dan agama yang disuruh Allah aku menyampaikannya, serupa dengan seorang laki-laki yang datang kepada suatu kaum dan mengatakan, ‘Hai kaumku! Sesungguhnya aku melihat tentara musuh, dengan kedua mataku sendiri dan sesungguhnya aku orang yang memberikan peringatan secara terbuka (terus terang dan jujur). Sebab itu selamatkanlah dirimu!’. Lalu sebagian dari kaum itu mengikuti anjuran tadi dan mereka berangkat di malam itu, berjalan menuju kesanggupan mereka. Akibatnya, mereka selamat.
Dan yang lain mendustakan keterangan itu dan mereka tetap di tempatnya sampai pagi. Di pagi itu, mereka ditemukan oleh tentara musuh, lalu mereka dibinasakan dan dimusnahkannya.
Inilah perumpamaan orang yang mematuhi perintahku dan mengikuti apa yang kusampaikan, dan perumpamaan orang yang mendurhakai perintahku dan mendustakan kebenaran yang aku sampaikan kepada mereka.”
(Hadis Bukhari diriwayatkan oleh Abu Musa r.a.)


Abu Musa, may Allah be pleased with him, reported: Allah's Messenger (may peace be upon him) said: The similitude of mine and of that with which Allah sent me is that of a man who came to his people and said: O people, I have seen an army with my own eyes and I am a plain warner (and issue you warning) that you should immediately manage to find an escape. A group of people from among them paid heed (to his warning) fled to a place of protection and a group among them belied him and the morning overtook them in their houses and the army attacked them, killed them and they were uprooted. And that is the similitude of the one who obeyed me, followed what I have been sent with and the similitude of the other who disobeyed and belied me and the Truth with which I have been sent. (Hadiths by Al Bukhari and Muslim:1313)
suksesteladan.blogspot.com
*

No comments:

SUCCESS LINK